Membuat Tanda Tangan Pada PDF

 

Berikut adalah cara membuat tanda tangan pada file PDF :

1. Secara online

1.1. Membuat tanda tangan di I Love PDF

1.1.1. BUka browser lalu mauk ke situs iLovePDF 

1.1.2. Unggah dokumen yang ingin ditambahkan tanda tangan dengan mengklik tombol Select PDF file


1.1.3. Kemudian pilih Only me

Setelah mengunggah file dokumen, muncul halaman pop-up yang berisi dua pilihan terkait tanda tangan. Pilihan only me untuk melakukan tanda tangan secara pribadi. dan request signatures untuk mengundang orang lain dalam melakukan tanda tangan. 


1.1.4. Buat tanda tangan

Selanjutnya diminta untuk membuat tanda tangan yang ingin ditambahkan ke dokumen. Adapun terdapat beberapa cara untuk membuat tanda tangan tersebut.

  • Text : Untuk membuat tanda tangan dengan format tulisan. 
  • Draw : Untuk menandatangani secara langsung. 
  • Upload : Untuk mengunggah tanda tangan dalam bentuk gambar.

Kemudian,  klik apply yang ada di pojok kanan bawah untuk menyelesaikan tanda tangan. 


1.1.5. Setelah tanda tangan jadi, selanjutnya memasukkan tanda tangan tersebut ke dokumen. Nantinya tanda tanganmu berada di sisi kanan halaman. Sehingga perlu menariknya kedalam dokumen. Kemudian, atur posisi dan ukurannya.  Klik Sign dan unduh dokumen tersebut



1.2. Melalui tanda tangan di Sejda

1.2.1. Buka brower masuk ke situs Sejda


1.2.2 Unggah dokumen PDF yang ingin ditambahkan tanda tangan

1.2.3. Kemudian klik Sign dan pilih New Signature

1.2.4. Buat tanda tangan yang akan dimasukkan ke dalam dokumen. maka akan muncul halaman khusus yang disediakan untuk membuat tanda tangan. Ada beberapa pilihan yang bisa kamu gunakan untuk membuat tanda tangan.

  • ‘Ketik’ : Untuk membuat tanda tangan dengan bentuk tulisan, 
  • ‘Gambar’ : Untuk membuat tanda tangan secara langsung, 
  • Upload Image : Untuk mengunggah tanda tangan dalam bentuk gambar,
  • Camera : Untuk memfoto tanda tangan 

Setelah tanda tangan jadi, klik ‘Simpan’ yang ada di bagian bawah.

1.2.5. Selanjutnya, tanda tangan secara otomatis menempel pada kursor. arahkan pada tempat yang ingin ditandatangani untuk mengatur posisi dan ukurannya.

1.2.6. Klik ‘Aplikasikan perubahan’ yang ada di bagian bawah halaman. Setelah itu, akan berpindah ke halaman selanjutnya untuk mengunduh dokumen yang telah ditandatangani.


2. Secara offline

2.1. Buka aplikasi Adobe Acrobat Reader

2.2. Pilih Fill & Sign dan pilih file dokumen yang ingin ditambahkan tanda tangan


2.3. Klik Sign yourself dan pilih Add signature

Selanjutnya file dokumen yang telah dipilih akan terbuka pada halaman baru. Halaman tersebut akan ada beberapa ikon dengan berbagai fungsi. Kemudian klik lah sign yourself yang berbentuk seperti ikon pulpen. Lalu pilihlah add signature untuk membuat tanda tangan baru.

2.4. Selanjutnya muncul halaman pop-up yang menyediakan beberapa pilihan cara untuk membuat tanda tangan. 

  • Type : Untuk membuat tanda tangan dengan bentuk tulisan. 
  • Draw : Untuk membuat tanda tangan secara langsung
  • Image : Untuk memasukkan tanda tangan dengan bentuk gambar/foto

Setelah tanda tangan jadi, klik apply untuk memasukkan tanda tangan ke dokumen.


2.5.  Setelah itu, tanda tangan tersebut akan menempel pada kursor secara otomatis. Arahkan pada tempat yang ingin ditambahkan tanda tangan. Selain itu, jangan lupa juga mengatur ukuran dan posisi tanda tangan tersebut.

2.6. Klik File dan pilih Save untuk menyimpan dokumen tersebut. Maka tanda tangan telah berhasil dibuat di dokumen PDF.



Membuat Grafik Pada Microsoft Excel

 


Jenis-jenis grafik yang tersedia di MS Excel, mulai dari Excel 2007, 2010, 2013, hingga 2019. 


  • Column : Grafik bentuk diagram batang yang mengarah ke atas. Dengan kategori di sepanjang sumbu horizontal dan nilai(value) di sepanjang sumbu vertikal.
  • Bar chart : Grafik bentuk diagram batang yang mengarah ke samping dan digunakan untuk mengilustrasikan perbandingan di antara item-item individual. Dalam grafik bar, kategori diatur di sepanjang sumbu vertikal dan nilai(value) diatur di sepanjang sumbu horizontal. 
  • Pie chart : Grafik yang bentuk diagram lingkaran (kue) dan menunjukkan nilai data dalam bentuk bagian(persentase). 
  • Line : Grafik bentuk garis, menampilkan data secara berkelanjutan dari waktu ke waktu pada sumbu yang diskalakan secara merata. Grafik digunakan untuk menunjukkan tren data seperti bulan, kuartal, atau tahun.
  • Area : Grafik yang digunakan untuk menganalisa alur perubahan data dari waktu ke waktu. Sedangkan bagan area pada grafik ini berfungsi menunjukkan hubungan bagian-bagian secara keseluruhan. 
  • Surface : grafik dengan bentuk 3D dan permukaanya berguna saat ingin menemukan kombinasi optimal antara dua kumpulan data. Seperti pada peta topografi, warna dan pola menunjukkan area yang berada dalam kisaran nilai yang sama.

Berikut adalah cara membuat grafik

1. Membuat grafik di Excel

1. 1. Buka Excel, lalu isikan data yang ingin dioleh, kemudian pilih data tersebut


1.2. Pilih Insert pada menu bar pada bagian kiri atas. maka disini melihat ikon dari beberapa jenis grafik. Jika ingin melihat jenis grafik secara jelas, pilih Recommended Charts. 

1.3. Setelah memilih Recommended Charts maka muncul halaman pop-up dengan berbagai pilihan grafik. Untuk melihat pilihan grafik secara lengkap pilih All Charts. Selanjutnya akan muncul semua jenis grafik yang ada di Ms Excel yang bisa dipilih. Selain itu, bisa memilih berbagai macam bentuk atau style dari masing-masing jenis grafik. 


1.4. Setelah memilih grafik, maka akan muncul secara otomatis pada worksheet. atur posisi dan ukuran. Untuk melakukan tinggal mengarahkan kursor ke bagian grafik, kemudian klik dan geser. Sedangkan untuk mengubah ukuran grafik bisa mengarahkan kursor pada bagian sudut grafik dan menariknya.


1.5. Selanjutnya mengubah judul dari grafik dengan mengklik bagian tulisan yang ada di bagian atas grafik.



2. Merubah bentuk dan value pada grafik

2.1. Menambah elemen pada grafik

Elemen merupakan bagian-bagian yang dapat membuat grafik menjadi lebih detail seperti, garis bantu, angka pada setiap bar, dan lainnya. Untuk menambah atau mengurangi elemen ini, klik grafik dan secara otomatis akan muncul icon (+) di bagian samping kanan. Setelah ituceklis elemen yang ingin dimasukkan atau dihilangkan. 


2.2. Mengubah style dan warna grafik, klik ikon kuas pada bagian samping grafik. maka muncul berbagai bentuk grafik pada pilihan style dan pilihan tema warna pada pilihan color.


2.3. Mengedit value grafik. klik ikon filter yang ada di samping grafik, untuk menambah atau menghilangkan value.  Pada grafik, bisa melihat beberapa value seperti series yang merupakan nama bulan dan categories untuk value pemasukan per minggu. Hilangkan ceklis pada 'Pemasukan Minggu 3', maka bar dan value 'Minggu 3' akan hilang pada grafik. 


Membuat Aplikasi Pengisian Data Dengan Macro Excel

 

Berikut adalah cara membuat aplikasi pengisian data dengan macro excel :

1. Buka Aplikasi Ms. Excel.



2. Buat sheet : Database.



3. Buat Judul sheet Database.



4. Tentukan judul kolom sheet Database.


Keteangan :
  • Cell A3 isi dengan ID
  • Cell B3 isi dengan Kategori
  • Cell C3 isi dengan Nama Barang
  • Cell D4 isi dengan Harga

5. Mengatur lebar kolom sheet Database.



6. Ganti format kolom Harga menjadi Accounting.
Blok kolom D → pilih menu Home → Accounting Number Format → More Accounting Format


Setelah jendela Format Cells muncul → pilih Accounting → pilih 0 di combo box Decimal places → pilih Rp Indonesian di combo box Symbol → klick OK.


7. Buat tombol akses ke User Form
Untuk membuat tombol akses ke User Form. Pilih menu Developer (jika belum ada menu Developer maka Aktifkan dulu menu Developer ) → Insert → pilih ikon Command Button di bagian ActiveX Control → Dan letakan pada posisi yang diinginkan.


Hasilnya :


Kemudian edit tulisan Command Button dan ubah menjadi tombol. Klik kanan pada tombol Command Button → pilih Command Button Object → Edit → ketik TAMBAH.


Hasilnya :


8. Masukan coding pada Command Button. Pilih menu Developer → pilih Design Mode di bagian Controls.


klik-kanan pada Command Button (TOMBOL) → View Code.


Setelah jendela VBA macro terbuka, masukan coding :

Private Sub CommandButton1_Click()
    UserForm1.Show
End Sub



9. Membuat User Form. Untuk membuat User Form tentunya anda harus masuk ke jendela VBA kembali kemudian pilih menu Insert → User Form.


Ubah caption UserForm1 menjadi Input Barang. Pilih menu View → Properties Windows.


Kemudian ubah caption UserForm1 menjadi Input Barang :



10. Membuat Text Box di User Form. Pada UserForm1 kali ini kita akan tambah kan 3 Textbox. Klik Control Textbox di dalam panel Toolbox → letakan pada UserForm1 



11. Membuat Label di sebelah kiri Textbox. Buatlah 3 label untuk Textbox/ Klik Control Label di dalam panel Toolbox → letakan disebelah kiri Textbox.


Ubah masing-masing Caption label
  • Label1 ubah menjadi ID
  • Label2 ubah menjadi Nama
  • Label3 ubah menjadi Harga


12. Membuat Combo Box di User Form.  Buatlah satu Combo Box untuk memasukan Kategori. Klik Control Combo Box di dalam panel Toolbox → letakan pada UserForm1


13. Membuat Label di sebelah kiri Combo box. Buatlah label untuk Combo box. Klik Control Label di dalam panel Toolbox → letakan disebelah kiri Combo Box.


Ubah caption label4 menjadi Kategori.



14 Membuat Tombol di User Form. Klik Control Commandbutton di dalam panel Toolbox → letakan pada UserForm1


Ubah caption Commandbutton1 menjadi Tambah.



Masukan coding pada Commandbutton1

Private Sub CommandButton1_Click()
Set Lembarkerja = Sheets("Database")
Isian = Lembarkerja.Cells(Lembarkerja.Rows.Count, "B").End(xlUp).Offset(0, 0).Row
    With Lembarkerja
    .Cells(Isian + 1, 1).Value = TextBox1.Value
    .Cells(Isian + 1, 2).Value = ComboBox1.Value
    .Cells(Isian + 1, 3).Value = TextBox2.Value
    .Cells(Isian + 1, 4).Value = TextBox3.Value
    End With
Unload Me
End Sub

Klik dua kali pada Commandbutton1


15. Membuat coding untuk Combo Box  Masukan coding di bawah ini ke dalam module combo box :

ComboBox1.List = Array("Alat tulis", "Toiletries", "Snack", "Minuman", "Obat-Obatan")

Klik menu Object → Pilih UserForm,


Klik menu Procedure → Pilih Initialize,


Kemudian masukan kode di atas di antara Private Sub UserForm_Initialize() dan End Sub.



16. Uji coba aplikasi input data. Masuk ke dalam sheet DataBase → pilih menu Developer → klick Design Mode → klick TOMBOL


Setelah jendela Input Barang muncul, maka masukan data seperti contoh berikut ini dan klick Tambah pada jendela Input Barang :


Hasilnya menjadi :



Kemudian simpan file dalam bentuk macro dengan cara pilih menu File → Save As,



Setelah jendela Save As muncul → Isi nama file di kotak File Name → Pilih jenis file Excel Macro-Enabled WorkBook di Combo Box Save as type → klick OK.