Membuat Daftar Kontak SharePoint Pada Microsoft Outlook

 

Berikut adalah cara membuat daftar kontak sharepoint pada Microsoft Outlook :

1. Menghubungkan Daftar Kontak SharePoint ke Microsoft Outlook

1.1. Buka site SharePoint pada web browser dan navigasikan ke daftar kontak. Kemudian pada Ribbon, klik tab List. selanjutnya p ada grup Connect & Export, klik Connect To Outlook. lalu klik Allow.



1.2. Selanjutnya klik Yes



1.3.  Setelah itu ditampilkan  Daftar SharePoint pada Folder Pane.




2.  Membuat Daftar Kontak SharePoint Melalui Microsoft Outlook 

2.1. Pada Folder Pane, klik daftar kontak SharePoint. Pilih View. Kemudian pilih tab Home --> grup New, lalu klik New Contact



2.2. Isikan informasi detil untuk kontak baru tersebut. lalu klik Save & Close.



2.3. Setelah itu, Kontak baru akan ditampilkan.pada daftar di Microsoft Outlook



2.4. Kontak baru juga ditampilkan pada daftar SharePoint.



Link Document Library SharePoint Pada Microsoft Outlook

 

Berikut adalah cara menghubungkan document Library SharePoint pada Microsoft Outlook :

1. Buka SharePoint 


2. Buka Document Library SharePoint. Pada Ribbon, klik tab Library. Pada grup Connect & Export, klik Connect To Outlook


3. Kemudian klik Allow


4. Selanjutnya klik Yes



5. Dokumen sekarang ditampilkan pada Outlook. Document Library ditampilkan pada Folder Pane. Lihat dokumen di Reading Pane. Klik 2x pada sebuah dokumen untuk membuka


6. Klik Edit Offline untuk melakukan edit salinan dari dokumen tersebut secara offline. Setelah itu Microsoft Outlook akan melakukan sinkronisasi salinan dokumen yang telah diperbarui ke SharePoint.



Pengaturan Pesan Ke HP Dari Microsoft Outlook

 

Pengaturan Email dilakukan pada Microsoft Outlook versi 2013

Berikut cara mengatur Alert atau pesan peringatan ke HP dari Microsoft Outlook :

1. Mengatur Penerimaan Emaik Ke HP

1.1. Klik tab File --> Info di Backstage View, klik Account Settings, lalu klik Manage Mobile Notifications


1.2. Pada bagian Options, klik Phone. Kemudian klik Text Messaging, lalu klik Turn On Notifications


1.3. Pilih locale dan Mobile operators, lalu klik Next


1.4. Masukkan nomor ponsel, lalu klik Next


1.5. Isikan Passcode yang dikirim ke ponsel. kemudian klik Finish.



2. Mengatur Email Penting Saja ke HP

2.1. Klik menu File-- > Info di Backstage View, klik Account Settings, lalu klik Manage mobile Notifications 


2.2. Pada bagian Options, klik Phone. kemudian klik Text Messaging. Lalu klik link/tautan Email Notifications Using An Inbox Rule


2.3. Pada kotak dialog New Inbox Rule, isikan nama rule. kemudian pilih kondisi untuk rule tersebut. lalu klik untuk menentukan kondisi lebih lanjut, misalnya memilih pengirim. Selanjutnya pilih Send A Text Message To. kemudian klik untuk memilih ponsel. Terakhir klik Save


Menambah, Mengingatkan & Membagikan Jadwal Meeting pada Microsoft Outlook

 

Berikut adalah cara menambahkan Jadwal Meeting pada Email Microsoft Outlook :

1. Menambahkan Jadwal Meeting pada Email

1.1.  Buka Microsoft Out;ool,  pilih menu pesan, lalu klik 2x pada pesan tersebut:

Contoh disini telah mengirim undangan email ke rapat. Email tidak dikirim sebagai undangan kalender, namun ingin menambahkan acara tersebut ke kalender Microsoft Outlook. Gunakan icon Reply with Meeting pada Ribbon. 


1.2.  Setelah itu akan menampilkan sebuah balasan, namun yang terpenting adalah dalam format rapat:

Perhatikan bahwa informasi lokasi kosong dan tanggal dan waktu default untuk tanggal dan waktu sekarang. Perbaiki informasi tersebut dengan menggunakan rincian yang ditemukan di email asli. Selanjutnya, ketik balasan email ke pengirim asli, lalu klik Send di sebelah kiri.



1.3.  Klik pada pesan untuk memilih, lalu drag pesan yang dipilih ke daftar tugas di To-Do Bar di sebelah kanan kotak masuk

Lihat garis merah dalam daftar tugas tempat tugas baru akan dimasukkan. Setelah email dimasukkan ke dalam daftar tugas, klik 2x untuk melihat rincian pesan.

Catatan: Meskipun Microsoft Outlook akan memasukkan email ke daftar tugas, pesan juga akan tetap ada dalam kotak masuk email.


2. Mengirimkan Pengingat Jadwal Meeting

2.1. Fitur Microsoft Outlook yang digunakan luntuk sistem mengingatkan sebelum rapat atau pertemuan.  maka perlu untuk mengaktifkan fitur pengingat tersebut saat ingin menyiapkan rapat atau jadwal baru, Pilih seberapa jauh sebelum rapat atau jadwal yang diinginkan agar pengingat muncul. Kemudian, klik icon Sound di bagian bawah pop-up untuk memilih suara pengingat. Setelah itu klik tanda panah ke bawah pada icon Reminder di Ribbon


2.2.  Setelah pengingat disiapkan,makan  pop-up pengingat akan muncul setiap kali membuka email atau kalender: Untuk menghentikan pengingat , klik Dismiss. Jika jendela mengingatkan akan beberapa item kalender,  maka harus mengklik  Dismiss All.



3. Membagikan Jadwal Meeting

3.1. melalui Email

Buka Home --> E-mail Calendar. Pesan email kosong muncul dengan kotak dialog Send a Calendar via Email :


Jika memiliki lebih dari satu kalender, klik panah ke bawah di kolom Calender untuk memilih kalender yang ingin dibagikan. Setelah itu, klik tanda panah ke bawah di sebelah kolom Date Range untuk menentukan tanggal kalender mana yang akan dibagi. Kemudian, klik panah ke bawah pada kotak Detail untuk memilih tingkat detail untuk dibagi-pilih antara tingkat detail berikut:

  • Availability only. Penerima email akan melihat kapan tersedia dan saat bebas biaya. Mereka tidak akan melihat apa pertemuan dan janji pertemuan.
  • Limited detals. Penerima email hanya akan melihat baris subjek pertemuan dan janji pertemuan dan kapan jadwal dijadwalkan.
  • Full details. Penerima akan melihat pertemuan dan janji dan lokasi masing-masing. Mereka juga akan melihat rincian lebih lanjut tentang setiap pertemuan atau janji.

Tandai checkbox jika menginginkan kalender bersama menunjukkan jam kerja. Jika jam kerja tidak ditentukan, klik jam kerja Atur jam kerja untuk mengatur. Lalu klik OK di kotak dialog Send the Calendar via Email. Kemudian klik Send. Penerima email menerima dan mengirim email dengan jadwal di teks email dan lampiran kalender yang menunjukkan jadwal.


3.2. Secara Online

Pilih menu Home --> Publish Online. Kotak dialog Publish Calendar to Custom Server 

Cantumkan URL untuk server tempat akan mempublikasikan kalender. Selanjutnya, tentukan rentang tanggal yang ingin dibagikan. Untuk opsi Detail pilih antara: Availibility only, Limited Details, dan Full Details. Jika hanya ingin menerbitkan kalender di antara jam kerja, klik checkbox. Kemudian klik OK


Membuat Jadwal Meeting Dengan Microsoft Outlook

 

Berikut adalah cara membuat jadwal untuk meeting di Microsoft Outlook :

1. Buka Microsoft Outlook



2. Lalu klik icon Calender paling bawah kiri




3. Lalu buat jadwal

Perhatikan tampilan default sekitar satu bulan disebut tampilan Month. 

Kalender Outlook juga mencakup beberapa fitur teratur:
  • Ada laporan cuaca lokal di bagian atas kalender. Sesuaikan informasi ini dengan memasukkan nama kota atau kode pos.
  • Ada thumbnail bulan sebelum dan sesudah bulan berjalan di sebelah kiri layar. Untuk menyembunyikan thumbnail ini, ambil sisi kanan panel yang berisi thumbnail dan seret ke kiri.
  • Ada bagian penelusuran di bagian kanan atas kalender. dapat digunakan untuk mencari melalui acara kalender dengan kata kunci atau frase.
4. Mengubah Tampilan Kalender,  klik View dari menu:

Pada tab View, dapat melihat berbagai pengaturan yang memungkinkan untuk menyesuaikan tampilan kalender. 


Keterangan :
  • Day. Tampilan Day memungkinkan untuk melihat kejadian dalam sehari. Tampilan hari terlihat seperti halaman di perencana kertas. Gunakan scroll bar di sisi kanan tampilan Day untuk bergerak ke atas dan ke bawah pada halaman.
  • Work Week. Tampilan Work Week memungkinkan untuk melihat jadwal  lima hari ( Senin - Jumat ) pada suatu waktu.
  • Week. Tampilan Week seperti tampilan Work Week, kecuali minggu ini. Tampilan ini dapat membantu jika bekerja di jam non-tradisional atau jika menyertakan janji pribadi di kalender.
  • Month. Tampilan Month yang memungkinkan untuk melihat sekilas satu bulan.
  • Schedule View. Schedule View memungkinkan untuk melihat janji hari dalam bentuk grafik batang. 
Untuk membuka tampilan, klik icon untuk tampilan kalender yang ingin dibuka. Contoh menu View --> klik  icon Schedule View.  Schedule View akan ditampilkan:


Perhatikan bahwa Schedule View memperlihatkan dua set tumpang tindih ( overlap )  janji. Mengetahui tentang konflik jadwal memungkinkan untuk mengatur waktu dengan efisien.  Ini bisa merencanakan untuk menghadiri salah satu pertemuan dan menjadwal ulang yang lain. atau bisa menghadiri bagian dari setiap pertemuan.




Membuat Janji Pertemuan pada Microsoft Outlook

 


Sebelum membuat janji pertemuan, maka perlu membuat jadwal pertemuan. untuk itu silahkan dibaca artikel :  Membuat Jadwal Meeting Dengan Microsoft Outlook  setelah itu baru masuk ke tahap dibawah ini 

Berikut adalah cara membuat janji pertemuan pada Microsoft Outlook :

1.  Membuat Jadwal Janji Pertemuan

1.1. Pilih menu home dan focus pada Month



1.2. lalu klik icon New Appointment, maka akan ditampilkan layout Appointment, kemudian isikan data 


Keterangan :
  • Subject. Deskripsi singkat tentang janji.
  • Location. Lokasi di mana janji akan terjadi.
  • Start Time. Tanggal dan waktu pertemuan akan dimulai. Klik thumbnail kalender untuk memilih bulan dan hari. Klik panah bawah di sebelah kanan waktu untuk memilih waktu. Centang kotak toggle di sebelah kanan bidang ini jika acara akan berlangsung sepanjang hari.
  • End Time. Tanggal dan waktu pertemuan berakhir. Gunakan thumbnail kalender dan panah bawah.
Untuk membuat janji pertemuan berlangsung lebih dari satu hari, pilih tanggal untuk End Time setelah tanggal Start Time.

Perhatian: Jika tanggal dan waktu yang dipilih tumpang tindih ( overlap ) dengan janji pertemuan lain, maka mungkin akan melihat peringatan di kiri atas layar Appointment. Namun, Outlook tetap mengizinkan untuk menambahkan janji yang bentrok.


1.3.  Kemudian isikan informasi janji pertemuan


1.4. Untuk membuat berulang menjadwalkan janji pertemuan , klik icon Recurrence di Ribbon . Kemudian pilih Recurrence pattern untuk janji pertemuan. bisa juga menentukan berapa lama janji akan terus terulang.  lalu klik OK untuk kembali ke layar Appointment. Setelah itu, masukkan informasi janji pertemuan, lalu klik ikon Save & Close/



2.  Mengatur Jadwal Rapat Baru

2.1. klik New Meeting



2.2. Kemudian isikan data yang berkaitan 


Keterangan 
  • Kolom From  : Untuk email utama atau pengirim.
  • Kolom To : Untuk memilih peserta pertemuan dari Buku Alamat.
  • Subject : Untuk deskripsi singkat pertemuan
  • Lokasi : Tempat pertemuan gunakan panah ke bawah di sebelah kanan kolom untuk memilih dari lokasi yang baru saja digunakan.
  • Start Time & End Time : Tanggal dan waktu mulai sampai tanggal akhir dan waktu. Jika rapat akan berlangsung beberapa hari, buat tanggal mulai setelah tanggal selesai.
  • All day event : Jika pertemuan akan berlangsung sepanjang hari 

2.3. Selanjutnya klik icon Recurrence di Ribbon, lalu klik Send 



3.  Mengatur Task Baru

3.1.  Pilih Home, lalu  klik New Items



3.2.  Kemudian pilih Task. maka akan muncul layout New Task 

Kemudian isikan subject, pilih Start date dan Due date, pilih priority ( Normal, % Complete ). Jika ingin agar sistem mengirimkan pengingat, centang Reminder dan gunakan icon Recurrence di Ribbon untuk membuat tugas menjadi berulang. Atau tentukan tugas itu lebih dari satu hari dengan memilih tanggal mulai dan akhir yang berbeda. lalu isikan informasi tentang tugas di dalam kotak di bawah informasi header. Setelah itu New Task, klik Task --> Save & Close.



3.3. Kemudian lihat daftar tugas kalender yang sudah diatur atau dibuat.  Buka View --> To-Do Bar




3.4.  lalu klik Options



3.5.  Untuk membuka tugas dan melihat rincian lebih lanjut / memperbarui, klik 2x pada tugas tersebut. bisa juga menandai tugas itu mendesak dengan klik checkbox di sebelah kanan. Tugas To-Do bar view tetap terbuka sampai menutupnya. Dan jika kembali ke inbox email , daftar tugas tetap terlihat di sudut kanan bawah jendela Microsoft Outlook:


 

4.  Menghapus Item Kalender

Menghapus jadwal rapat dari kalender Microsoft Outlook caranya Scroll ke tampilan kalender yang berisi item kalender yang ingin dihapus. Klik pada item kalender untuk memilih  lalu klik kanan. Menu pop-up muncul seperti gambar dibawah :



kemudian klik Delete dari menu pop-up. Jika item item berulang,  maka akan mendapatkan kesempatan untuk memilih apakah ingin menghapus semua item dari item kalender ( Delete Series ) atau hanya kejadian tunggal ( Delete Occurrence ) yang dipilih. Item kalender akan dihapus dari kalender. Opsi Delete Occurrence sangat bagus untuk digunakan jika memiliki meeting pertemuan reguler, namun perlu membatalkan satu kejadian karena konflik liburan atau jadwal lain.

Menghapus tugas dari daftar tugas klik pada tugas di To Do List, lalu klik kanan. klik Delete dari menu pop-up.


Link Database Oracle to Oracle

 

Disini digunakan 2 database Oracle dengan nama Ora1 ( Remote ) dan Ora2 ( Diremote )

Berikut adalah cara membuat link database Oracle to Oracle :

Format :

-- private
CREATE DATABASE LINK dblink
CONNECT TO remote_user IDENTIFIED BY password
USING 'remote_database';

-- dipublic
CREATE PUBLIC DATABASE LINK dblink 
    CONNECT TO remote_user IDENTIFIED BY password
    USING 'remote_database';


-- tambahkan di TNSNAMES.ora
CREATE DATABASE LINK dblink 
    CONNECT TO remote_user IDENTIFIED BY password
    USING '(DESCRIPTION=
                (ADDRESS=(PROTOCOL=TCP)(HOST=oracledb.example.com)(PORT=1521))
                (CONNECT_DATA=(SERVICE_NAME=service_name))
            )';




buka dan login sqlplus atau Toad atau SQL Developer, masuk ke database Ora1 , lalu tuliskan perintah dibawah : 

Contoh :

1. Tambahkan script dibawah pada  file tnsnames.ora yang ada di directory /NETWORK/ADMIN/ dibawah ORACLE_HOME

PENJUALAN =
(DESCRIPTION =
    (ADDRESS = (PROTOCOL = TCP)(HOST = 10.50.100.13)(PORT = 1521))
    (CONNECT_DATA =
    (SERVER = DEDICATED)
    (SERVICE_NAME = POS)
    )
)

2. Buat Link database private 

2.1. private 

CREATE DATABASE LINK Penjualan
    CONNECT TO userlinkora2 IDENTIFIED BY Abcd1234
    USING 'PENJUALAN';

2.2. public 

CREATE PUBLIC DATABASE LINK Penjualan
    CONNECT TO userlinkora2 IDENTIFIED BY Abcd1234
    USING 'PENJUALAN';

3.  Menjalankan Query

3.1. Select

SELECT * FROM customers@Penjualan;




3.2.  Insert

INSERT INTO customers@Penjualan(customer_id, name, email)
VALUES(2,'XYZ Inc','contact@xyzinc.com');

lalu select untuk melihat hasil insert

SELECT * FROM customers@Penjualan





Baca juga artikel yang berkaitan :