Membuat Daftar Isi pada Microsoft Word - I

 



Daftar isi merupakan daftar bab di awal sebuah buku. Bagian ini mencantumkan setiap bagian dalam dokumen dan nomor halaman tempat bagian itu dimulai. Word dapat membuat dan memperbarui daftar isi secara otomatis. 

Fungsi umum dari daftar isi:
  • Memberi kesan yang baik
  • Membantu menyusun materi penulisan
  • Membantu memberi pembaca garis besar dari dokumen tersebut
  • Membantu pembaca menemukan apa yang mereka cari dengan cepat
  • Membuat dokumen Anda lebih mudah didiskusikan
  • Baca juga: Cara Membuat Daftar Pustaka

Membuat Daftar Isi Otomatis

Pemilih heading styles ke text yang ingin disertakan di daftar isi. Setelah itu, Word akan secara otomatis membangun daftar isi dari berbagai heading yang ada di dokumen .

Terapkan Heading Styles

Pilih teks yang ingin masukkan ke dalam daftar isi, kemudian di tab Home, piilh heading style, misalnya Heading 1.

Lakukan ini untuk setiap text yang ingin dimasukkan ke dalam daftar isi. Misalnya, jika menulis sebuah buku, bisa menggunakan Heading 1 untuk setiap judul bab di buku .

Membuat Daftar Isi ke Dokumen

Klik dimana yang ingin dimasukkan daftar isi

Kemudian klik References lalu Table of Contents , kemudian pilih salah satu style dari list Automatic Table of Contents yang tersedia.


Dengan Microsoft Word, Anda juga bisa memformat atau mengkostumisasi daftar isi. Anda bisa mengubah font, jumlah heading level yang digunakan, dan memilih apakah Anda ingin menggunakan titik-titik di antara judul bab dan nomor halaman.


Mengaktifkan hyperlinks

Microsoft Word, hyperlink dapat juga dibuat untuk menghubungkan judul dalam daftar isi ke judul dalam dokumen lain.  

Klik File, lalu pilih Options .

Pada kotak dialog Word Options , klik Advanced .

Di bawah Editing options , batalkan pilihan Use CTRL + Click to follow hyperlink.




Ubah dan tambahkan level dalam daftar isi

Jika ingin mengubah level entry daftar isi individu, maka ubah level judul teks itu di dokumen .

Untuk mengubah jumlah level yang ditampilkan dalam daftar isi adalah dengan mengganti tabel yang ada dengan yang berisi level yang diinginkan. 


Ubah level entry judul pada Daftar Isi

Untuk mengubah level entry dalam daftar isi, cukup ubah level judul teks itu di dokumen .

Klik judul yang ingin diubah.

Pada tab Home , di grup Styles , klik judul yang diinginkan.

Pada tab References , klik Update Table .

Klik Update entire table , dan kemudian klik OK .


Ganti daftar isi

Klik References, pilih Table of Contents, lalu klik Custom Table of Contents



Pada kotak dialog Table of Contents , dalam daftar Show levels , pilih jumlah level yang di inginkan, dan kemudian klik OK.



Contoh, jika klik 2, maka semua teks dengan gaya Heading 1 atau gaya Heading 2 yang diterapkan akan ditampilkan di daftar isi. Bila ditanya apakah ingin mengganti daftar isi yang ada, klik Yes .


Edit informasi field code

Klik di daftar isi, lalu tekan Alt + F9. Informasi field code akan muncul di antara kurung kurawal.



Ubah angka dalam tanda petik. Misalnya, jika ingin hanya menampilkan dua level, ubah “1-3” menjadi “1-2”.

Tekan Alt + F9 untuk menampilkan daftar isi lagi.

Perbarui daftar isi untuk melihat perubahan ( References > Update Table ).


Format Daftar Isi

Bila ingin menambahkan daftar isi makalah, buku, maupun laporan di Word, dapat menyesuaikan tampilannya. Misalnya, memilih berapa tingkat judul yang akan ditunjukkan dan apakah akan menunjukkan titik-titik di antara judul dan nomor halaman.

Disini juga dapat mengubah format teks dari daftar isi, dan format itu akan terus tersimpan tidak peduli berapa kali memperbarui daftar isi.

Mengubah layout daftar isi

Pada tab References , pilih Table of Contents, lalu klik Custom Table of Contents



Buat perubahan di dialog box Table of Contents . Untuk melihatnya di area Print Preview dan Web Preview.

  • Untuk menambahkan garis titik-titik di antara setiap judul dan nomor halamannya, klik Tab leader dan kemudian pilih garis titik-titik, bisa juga pilih dash leader atau menghilangkan garis titik-titik tersebut seluruhnya dan membiarkan bagian antara judul dan nomor halaman tersebut kosong.
  • Untuk mengubah penampilan daftar isi , klik Format , kemudian klik format yang diinginkan.
  • Untuk mengubah jumlah level yang disajikan di daftar isi, klik Show levels , kemudian pilih nomor level yang diinginkan.

Kemudian klik OK




Format text di daftar isi

Yang tak boleh dilupakan ketika membuat daftar isi adalah format text. Untuk mengubah tampilan text di daftar isi , ubah style untuk setiap level di daftar isi.

Pada tab References dari Ribbon klik Table of Contents, lalu pilih Custom Table of Contents .

Pada kotak dialog Table of Contents , klik Modify . Jika tombol Modify berwarna abu-abu, ubah Format menjadi From template .

Dalam daftar Styles, klik level yang ingin diubah lalu klik Modify .


Di kotak dialog Modify Style , buat perubahan format yang diinginkan, lalu klik OK .

Catatan : Ulangi langkah 3 dan 4 untuk semua tingkat yang ingin ditampilkan di daftar isi.




Baca lanjutan-nya pada tahap ke 2  : Membuat Daftar Isi pada Microsoft Word - II